LAPORAN SURVEI
NASIONAL

lapsi

Eksplorasi Agenda Aksi IPM dan Pencegahan Covid-19 oleh PW IPM se-Indonesia

Muktamar Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang ke-20 mencetuskan tiga agenda aksi yang menjadi fokus gerakan IPM yaitu Gerakan Konservasi Ekologi, Gerakan Jihat Literasi dan Gerakan Pendampingan Teman Sebaya. Kemudian pada Tanwir 2018, IPM menambah agenda aksinya yaitu Gerakan Interpreneur Pelajar. Selanjutnya pada Muktamar yang ke-21 IPM, agenda aksi yang dicanangkan sedikit berubah, walaupun tetap dalam jangkauan tematik yang sama dan dengan bahasa yang lebih populer. Agenda aksi yang disepakati adalah Student Earth Generation (Tema Konservasi Ekologi), Campaign Inklusi (Tema Literasi-Pendampingan Teman Sebaya atau PTS), Studentpreneur (Tema Kewirausahaan), dan Gerakan Pelajar Sehat (Tema Literasi-PTS).

Tema-tema besar yang dihasilkan dari proses pembuatan materi dengan analisis Appreciative Inquiry (AI) di permusyawaratan tertinggi IPM ini seharusnya menjadi tolak ukur agenda aksi pimpinan dibawahnya. Hal ini dibutuhkan untuk menciptakan sebuah gerakan bersama yang bersifat massif dan tidak semu. Namun, apakah fakta di lapangan membuktikan hal tersebut? Oleh sebab itu, Lembaga Pengembangan dan Penelitian Sumber Daya Insani (Lapsi) PP IPM berusaha untuk membuat sebuah survei untuk menganalisis secara kuantitatif. Usaha ini dilakukan untuk menyediakan data kepada PP IPM sehingga dapat membantu mereka dalam pembuatan kebijakan dan juga sebagai referensi menjelang Muktamar IPM ke-22.

Selain itu, Pandemi Covid-19 yang melanda dunia tak terkecuali Indonesia menjadi permasalahan yang juga harus menjadi perhatian serius IPM saat ini. Apalagi IPM sudah mencanangkan gerakan Pelajar Sehat sebagai salah satu agenda aksi nasionalnya. Sehingga, isu ini juga menjadi bahan survei tambahan untuk menyajikan data populer yang bermanfaat untuk pembuatan kebijakan darurat IPM.

Address

Jl. Menteng Raya No. 62 Jakarta Pusat 10340

Contacts

Email: ppipmlapsi@gmail.com       
Phone: +6221 310 3940